SafelinkU | Shorten your link and earn money

Kamis, 18 Juli 2019

Konsep Dasar dan Jenis Teknologi Informasi

Konsep  Dasar dan Jenis Teknologi Informasi

https://hanyauntukalian.blogspot.com

Sebelum mengetahui pengertian teknologi informasi dan komunikasi, terlebih dahulu kita harus mengerti definisi dari teknologi dan informasi itu sendiri ada beberapa definisi teknologi yaitu :

  1. Penerapan keilmuan yang memplajari dan mengembangkan kemampuan dari suatu rekayasa dengan langkah dan teknik tertentu dalam suatu bidang 
  2. Aplikasi dan engneering untuk mengembangkan mesin dan prosedur agarmemperluas dan memperbaiki kondisi manusia, atau paling tidak memperbaiki efisiensi manusia pada beberapa aspek
Sedangkan informasi dapat didefinisikan sebagai berikut :
  1. Data yang disimpan, diproses, atau di transmisikan.
  2. Pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi
  3. Data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk lain yang lebih berguna, yaitu pengetahuan atau keterangan yang ditujukan bagi penerima dalam pengambilan keputusan, baik masa sekarang atau yang akan datang.
Jadi pengertian teknologi informasi itu adalah hasil rekayasa menusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengirim informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas penyebaranya, dan lebih lama penyimpanannya.

Teknologi Informasi dan komunikasi mencakup tiga aspek yaitu:
  1. Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, Penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
  2. Teknologi Komonikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke yang lainnya.
  3. Teknologi Informasi dan komunikasi adalah sebuah media atau alat bantu dalam memperoleh pengetahuan antara seseorang kepada orang lain.
Jenis -jenis Teknologi

Teknologi Informasi
  1. Internet, internet merupakan singkatan dari interconnection networking yang merupakan sistem jaringan yang menghubungkan tiap-tiap komputer secara global di seluruh penjuru dunia.
  2. Televisi, Tele berarti jauh dan vision yang berarti tanpak. Jadi televisi adalah alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual
  3. Radio, adalah alat penyampaian informasi dengan pemanfaatan golombang elektromagnetik bebas yang memiliki frekuensi kurang dari 300GHz (panjang gelombang lebih besar dari 1mm)
Teknologi Komuikasi
  1. Telepon adalah alatkomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan atau pesan yang berbentuk percakapan melalui kabel jaringan telepon.
  2. Telepon genggam (handphone) memiliki konsep yang sama dengan telepon namun tidak memerlukan kabel jaringan telepon naun melalui jaringan telepon nirkabe, yaitu sistem GSM dan CDMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar