SafelinkU | Shorten your link and earn money

Senin, 12 Agustus 2019

3 Bahasa Pemrograman yang terbaik di Indonesia

3 Bahasa Pemrograman  yang terbaik di Indonesia

Dalam dunia komputer yang semakin canggih, Bahasa Pemrograman pun kini banyak dikategorikan sebagai bahasa pemrograman yang terbaik dan populer. Sampai dengan saat ini pun jenis bahasa untuk program komputer tidak hanya satu atau beberapa tetapi ada lebih banyak. Oleh sebab itu, para programer tentu saja bisa jadi akan merasa bingung dalam memutuskan mana yang akan dijadikan sebagai pilihan. Yaa, bagian yang tersulit adalah ketika Anda akan belajar macam macam bahasa pemrograman dan memutuskan manakah dari bahasa pemrograman tersebut yang ingin Anda tekuni terlebih dahulu. Para pengembang perangkat lunak pun mendapati setidaknya secara luas ada lebih dari ratusan bahasa pemrograman yang digunakan di seputar dunia. Dan masing masing diantaranya memiliki keunikan serta kompleksitasnya sendiri.


Untuk bisa menjadi seorang yang ahli dalam pemrograman, Anda harus mengetahui jenis jenis bahasa pemrograman untuk mengetahui mana yang lebih cocok. Tentu saja dalam membuat sebuah software atau perangkat lunak tidak menggunakan semua bahasa pemrograman yang ada. Melainkan bisa jadi yang digunakan hanyalah satu atau dua bahasa pemrograman saja dalam melakukan proses developing software. Sekarang ini, beberapa lembaga riset terkenal telah mengelompokkan macam macam bahasa pemrograman yang masuk dalam daftar bahasa pemrograman paling banyak digunakan dan terbaik di Indonesia. Data ini merupakan peringkat yang dibuat berdasarkan bahasa pemrograman yang paling populer di dunia.

3 Bahasa Pemrograman  yang terbaik di Indonesia


  1. C++
    Bahasa Pemrograman C++ ini adalah salah satu pengembangan dari bahasa. Mungkin Anda akan melihat penulisan untuk C++ dan C hampir mirip tapi meskipun demikian kedua bahasa ini memiliki perbedaan yang terdapat pada penyelesaian masalahnya. Nah, umumnya dalam bahasa C penyelesaian masalah adalah dengan cara pembagian ke dalam sub –sub masalah yang lebih kecil atau kita bisa sebut sebagai bahasa pemrograman yang prosedural. Sedangkan untuk penyelelesaian masalah pada C++ adalah lebih berorientasi terhadap objek permasalahan yang dibagi dalam kelas –kelas.  Untuk C++ ini menurut sejarah pertama kali dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup. Dari periode ke periode penggunaan nya sangat populer apalagi juga digunakan oleh banyak perusahaan besar. Sebut saja software Adobe, Firefox, Winamp yang menggunakan C++ dalam pengembangannya.
  2. JAVA
    Bahasa pemrograman yang pertama  adalah JAVA. Mungkin kepopulerannya sudah sampai ke telinga Anda bukan? Java ini adalah salah satu jenis bahasa program komputer yang dapat dijalankan melalui macam –macam platform, misalnya mulai dari PC sampai dengan perangkat versi mobile. Menurut sejarahnya, Java awalnya dikembangkan pada tahun 1991 pada The Green Project oleh tokoh Sun Microsystem dan kemudian dilepas pada oracle. Asal –usul nama “JAVA” ini dipilih adalah karena salah seorang pendirinya adalah James Gosling yang sangat menyukai kopi murni yang proses pembuatannya digiling langsung dengan mesin giling (Kopi tubruk), kopi ini hanya berasal dari pulau Jawa, Indonesia.Java adalah bahasa pemrograman yang terpopuler hingga saat ini. Kelebihan yang ada dalam bahasa ini mungkin salah satu daya tariknya. Keunggulan java diantaranya adalah dapat berjalan di sistem operasi yang berbeda –beda. Bahasa pemrograman yang satu ini juga termasuk dalam pemrograman orientasi objek dan tersedia library yang lengkap. Sehingga tentu saja ini akan membuatnya lebih mudah dalam proses menyusun program. Kebanyakan dari aplikasi Smartphone Android dibangun menggunakan bahasa Java ini, karena memang dulu hingga sekarang memang sedang banyak dibutuhkan.
  3. VISUAL BASIC
    Dikembangkan oleh Microsoft, Visual Basic menawarkan ide Visual untuk pembuatan software. Bahasa pemrograman yang satu ini khususnya dikembangkan untuk membuat software yang berbasis sistem operasi di windows. Visual Basic ini merupakan keturunan dari bahasa pemrograman Basic. Menurut survey yang dilakukan pada tahun 2005, setidaknya ada 62% para developer menggunakan Visual Basic untuk pengembangan softwarenya. Ini menunjukkan bahwa Visual Basic adalah salah satu jenis bahasa pemrograman yang populer di Indonesia. Sekarang, di Negara kita sendiri ada sekitar 22 ribu member atau bahkan lebih yang tergabung dalam grup Visual Basic Indonesia.

Ini merupakan tips dan solusi pembelajaran Pemrograman lebih efektif. Entah Anda sekarang adalah masih anak sekolah, mahasiswa atau mahasiswi, pekerja, pengusaha dan lain –lain dengan menerapkan mana bahasa pemrograman yang ingin ditekuni terlebih dahulu akan membuat kemungkinan besar Anda berhasil. Jangan ragu untuk ikuti juga program pelatihan belajar atau bimbingan dari orang yang lebih berpengalaman dan juga menyiapkan fasilitas yang Anda butuhkan untuk itu. Baik Anda ingin bereksperimen dengan aplikasi atau software di HP Android atau smartphone, komputer dan laptop, Semoga berhasil dan jangan lupa bahagia hari ini;)

2 komentar: