SafelinkU | Shorten your link and earn money

Jumat, 13 Desember 2019

Pembawa Agama Hindu Masuk ke Indonesia

Pembawa Agama Hindu Masuk ke Indonesia

Banyak teori yang mengemukakan bagaimana Agama Hindu masuk ke Indoenesia. Teori-teori tentang pembawa masuknya agama Hindu ke Indonesia adalah:


Teori Brahmana

Teori Brahmana di kemukakan oleh Van Leur. Van Leur berpendapat bahwa Agama Hindu dibawa oleh para Brahmana atau para pendeta ke Indonesia.

Pendapat ini disebabkan oleh karena para Brahmana lah yang mengetahui kitab weda. Selain itu, kaum Bhrahmana yang bertanggungjawab dalam penyebaran agama Hindu, termasuk ke Indonesia.

Teori Ksatria

Teori ke satria ini dikemukan oleh Majundar, Moekrji dan Nehru. Mereka mengatakan bahwa Agama Hindu dibawa oleh para prajurit India yang ingin menaklukan Indonesia lalu menyebarkan agama Hindu.

Tetapi melihat eksistensi kerajaan di Indonesia, tidak ada satu pun kerajaan yang di bawah kekuasaan India, walaupun pengaruh India dalam kerajaan Hindu di Indonesia sangat kuat, karena bangsa Indonesia waktu itu menganut Agama Hindu.

Teori Waisya

Teori Waisya di kemukakan oleh Krom . Menurut Krom, Agama Hindu masuk ke Indonesia di bawa oleh para pedagang atau golongan waisya, Buktinya banyak pedagang dari India yang berdagang di indonesia lalu mereka menyebarkan agama hindu di Indonesia.

Teori ini memang kuat, karena sejak zaman dahulu, bangsa-bangsa di Nusantara di kenal sebagai pedagang dan pelaut ulung. Sehingga interaksi antara pedagang di Nusantara dengan pedang India sangat memungkinkan.

Teori Sudra

Teori lainnya mengatakan bahwa Agama Hindu dibawa oleh para budak atau golongan sudra, mereka menyebarkan agama Hindu karena ingin merubah nasib mereka. Orang-orang Sudra yang merupakan golongan terbawah dalam strata kasta Hindu masuk ke Indonesia untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Tapi, teori ini tidak terlalu kuat, karena secara rasional, pengaruh kaum Sudra untuk menyebarkan Agama Hindu tidak terlalu besar dalam mempengaruhi masyarakat di Nusantara

Teori Arus Balik

Teori arus balik ini menyatakan bahwa bangsa di Nusantara belajar agama Hindu di India lalu menyebarkan kembali di Indonesia. Teori ini kuat, tetapi menurut catatan sejarah, orang-orang di Nusantara baru belajar Agama Hindu ke India (pusat Agama Hindu) setelah beberapa kerajaan di Nusantara menganut Agama Hindu.

 Ini dibuktikan dari sejarah kerajaan Sriwijaya, yang mengirim beberapa orang untuk belajar Agama Hindu di India. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bahagia :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar